Thursday , November 23 2017
Home / Berita / FUAD IAIN Pontianak Gandeng Pimpinan Muhammadiyah Kalbar Inisiasi Pengajian Akbar dan Dialog Ramadhan

FUAD IAIN Pontianak Gandeng Pimpinan Muhammadiyah Kalbar Inisiasi Pengajian Akbar dan Dialog Ramadhan

Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Pontianak bekerjasama dengan Pimpinan Muhammadiyah Kalimantan Barat mengadakan kegiatan Pengajian Akbar dan Dialog Ramadhan di Auditorium Syeikh Abdul Rani Mahmud IAIN Pontianak, 23 Mei 2017, dengan tema, “Targhib al-Rahman fi Shiyami Ramadhan (Tebar Kasih Sayang di Bulan Suci Ramadhan).” Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan FUAD IAIN Pontianak yang dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila dan menyambut kedatangan Bulan Suci Ramadhan 1438 H.

Ada beberapa argument yang disampaikan oleh Dr. Samsul Hidayat, S.Ag., MA., Dekan FUAD IAIN Pontianak, dalam menginisiasi dan mempelopori kegiatan ini. “Pertama, rumusan dan konten dari Pancasila sangat berhubungan dengan peran beberapa organisasi keagamaan, terutama peran dari tokoh dari Muhammadiyah, seperti Abdul Kahar Muzakkar dan Kasman Singodimejo. Oleh karena itu, kegiatan ini menggandeng Pimpinan dari Muhammadiyah Kalimantan Barat. Kedua, amanah dari Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo dari surat ederannya yang mengajak seluruh instansi dapat menyemarakkan hari lahir Pancasila 1 Juni dalam beberapa kegiatan, salah satunya ialah dengan kegiatan Pengajian Akbar dan Dialog Ramadhan,” papar Dekan.

Ada dua keynote speaker yang dihadirkan dalam kegiatan tersebut. Pertama, Dr. H. Hamka Siregar, Rektor IAIN Pontianak yang lebih menyoroti aspek pengkajian diri (muhasabah) dalam menyambut Bulan Suci Ramadhan. Kedua, Dr. H. Pabali Musa, M.Ag, Ketua Pimpinan Muhammadiyah Kalimantan Barat yang menyoroti aspek-aspek dari luar, yaitu pemberdayaan diri ke luar melalui budi pekerti atau akhlak yang baik untuk membangun sebuah bangsa. Perilaku-perilaku untuk membangun bangsa tersebut diajarkan dalam berpuasa.

Kedua narasumber tersebut melihat pentingnya kita menyiapkan diri untuk menyambut Bulan Suci Ramadhan, baik dari aspek dalam maupun dari aspek luar. Materi-materi yang disampaikan kedua narasumber tersebut disambut sangat antusis oleh para peserta. Hal ini terlihat dari 500 kursi yang disediakan oleh panitia tidak cukup menampung para peserta yang hadir sekitar 800 peserta yang terdiri dari sivitas akademika IAIN Pontianak dan beberapa warga dari Muhammadiyah, meliputi Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan Muhammadiyah, Akbid Aisyiyah Muhammadiyah, Universitas Muhammadiyah Pontianak, SMA Muhammadiyah I, dan dari kepengurusan Muhammadiyah Kalimantan Barat.

Dekan berharap agar Ramadhan dari tahun ke tahun dapat dimaknai dan diisi dengan kegiatan-kegiatan yang dapat menciptakan dan meningkatkan perubahan untuk diri kita dan masyarakat. Selain itu, Dekan juga berharap kegiatan ini dapat didukung sepenuhnya oleh Institusi setiap tahun, dan dengan skala yang lebih besar kedepannya.

 

About adminfuad

Check Also

Samsul Hidayat: Keberagaman Kelompok Agama Menjadi Sebuah Kemaslahatan

Jurusan Perbandingan Agama FUAD IAIN Pontianak mengadakan kegiatan Workshop Multikultural yang bertemakan “Isu Multikulturalisme di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *